Thursday, February 25, 2010

NIKAH SIRI(H) atau NIKAH SIRI(K) ?

Wowww!!!!Pemerintah mengeluarkan undang2 buat melarang Nikah Siri..bahkan hukumannya PIDANA buat pelakunya..sekilas memang terdengar bodoh..masa orang mau nikah aja masuk penjaraa??hmm...setau gue sih,nikah siri itu nikah yg sah dimata agama saja..tida dimata negara/hukum..dan gue gak tau persisnya gimana..karna itu biasa terjadi bagi pemeluk agama muslim..di agama gue ga ada,jadi gw ga gitu ngerti..

Mungkin maksud orang menikah siri aslinya bertujuan baik..supaya Masyarakat tidak sulit menikah..ga perlu biaya mahal sudah bisa sah..tapiiii,yang membuat konotasi nya miring adalah orang2 yg menyalahgunakan Nikah Siri..dulu gw kira nikah siri itu NIKAH SAMBIL MENGUNYAH DAUN SIRIH..atau DINIKAHKAN DENGAN DAUN SIRIH..brarti waktu nikah ngomong "Saya terima nikahnya DAUN SIRIH dengan mas kawin seekor kambing dibayar tunai"..ternyata bukan itu yg dimaksud nikah siri..hehehe..sampe mana kita tadi??OHYA,sampe penyalah gunaan nikah siri..tadi gue nonton acara BUKAN EMPAT MATA..dan bintang tamunya seorang Ustadz..dai bilang bahwa anak2nya dianjurkan untuk nikah siri..apa tujuannya? supaya ketika jalan di pelaminan/resepsi,mengurus ke KUA sudah resmi dan ga haram lagi..sejenak gue berfikir dan dalam hati bilang " wah,kalo emang ini alesannya,gue setuju" karna emang logis..tapiiiiiiii(lanjut paragraf berikutnya yah?)

Yang salah adalah ketika NIKAH SIRI dijadikan suatu formalitas hanya karna ingin berhubungan seks dengan mudah dan ga dosa dan ga ribet..jadi intinya,mereka mau bohongin Tuhan gitu?gue yakin,wanita manapun dalam hati kecilnya pasti ingin dinikahi tidak hanya secara SIRI..wanita manapun pasti ingin diperlakukan seperti princess..berjalan di pelaminan,dilihat kerabat,dan lain-lain..tapi kalau memang ga mampu membuat resepsi ya gapapa,bisa nikah siri..gue menganggap pernikahan itu sakral..ga bisa buat main2 kalo bosen tinggal putus..jadi memang perlu keseriusan dan kesiapan dari pihak pria dan wanita untuk memasuki bahtera rumah tangga..ga semudah menyiapkan meja,kain dan manggil penghulu,,

Gue belom menikah emang..haha,tapi gue mencoba beropini terhadap pro kontra ini..gue ga bisa narik kesimpulan karna gue kurang begitu ngerti sama NIKAH SIRI..cuma pengen menyampaikan pandangan aja sebagai orang awam..ngomong nikah,buat gw HIDUP AKAN SANGAT INDAH BILA MENIKAH HANYA SEKALI..tapi bukan berarti yg menikah lebih dr sekali ga indah lho ya?hehehe....

4 comments:

  1. setujuu, nikah lebih pol kalo sah secara agama ama hukum, teteup...

    ReplyDelete
  2. Aku baca artikel kamu Jo....
    menarik...

    Setahu aku... Nikah siri hanya karena "menutupi sesuatu" yang tak beres. (Berhubungan sex sangat menjadi alasan dan faktor utama untuk melakukan nikah siri).

    Ya sebagai informasi saja...
    secara umum....
    jika hal yang dalam bahasa jawanya "nggugu karepe dewe" dalam artian luas menghalalkan segala cara berdalih agama.....
    pada akhirnya semua saja harus siap menerima kado istimewa dari alam.

    Ya kalau memang sudah siap... ya biarkanlah saja Jo...
    Btw, semoga sukses selalu buatmu. salam dari kota Djogja.

    ReplyDelete
  3. Sebagai manusia yang taat dgn hukum, sebaiknya kita manut saja... mudah2an dgn tidak adanya nikah siri negara kita lbh tertib dan dapat di pertanggung jawabkan

    ReplyDelete
  4. nikah siri bukan karena nutupin hal-hal yg kurang baik. nikah siri itu juga bukan bohongin Tuhan.
    itu pernikahan yang sah secara agama, jd gak bohongin Tuhan. hanya saja tidak dilaporkan ke KUA. itu aja sih.
    kurang baiknya hanya tidak memberi perlindungan hukum kpd istri jika sewaktu-waktu suaminya ninggalin dia.
    jadi itu tidak membohongi Tuhan.

    meskipun sah secara agama dan gak bohongin Tuhan, saya sbg perempuan kurang setuju dengan pernikahan siri.

    ReplyDelete